5 Rekomendasi Gaya Underwater Selfie

/
4 Comments
Scuba Diving adalah salah satu kegiatan yang sangat memuaskan jiwa raga saya dan rasanya setiap orang yang melakukannya. Rasanya kalau sudah berada di dalam laut terbayar semua perjuangan dari booking trip yang menguras tabungan, pakai wetsuit yang menguras keringat, perjalanan ke spot yang bisa berjam-jam menguras kesabaran.. belum lagi kalau mendadak hujan dan gelombang pasang yang menguras mental. Tapi, kalau udah nyempung itu nyessssss.. serasa dinginnya air laut gak cuma ngademin badan tapi juga hati yang panas.


Saya pun percaya, selain ingin menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa indah, kita pun ingin mengabadikan pengalaman berada di dunia yang berbeda 90 derajat dari dunia kita sehari-hari. Ya, mengabadikan sensasi scuba diving itu sendiri, bernafas di dalam laut seolah serupa dengan ikan! Beruntung untuk yang sudah punya alat untuk bisa foto underwater. Yang belum punya, beli satu kamera/case underwater gak ada salahnya lho. Ada banyak variasi dari pemula sampai pro, dari yang harga terjangkau sampai yang ngebayangin harganya aja males. So, gak ada salahnya sebagai divers kita investasi di kamera underwater ini sesuai kemampuan dan kebutuhan. Next time saya akan post rekomendasi tentang perangkat ini juga ya.

Terinspirasi dari sensasi scuba diving yang saya sebut tadi dan budaya selfie yang gak lepas dari kehidupan masa kini, saya merangkum lima rekomendasi gaya untuk underwater selfie. Kebetulan foto-foto dari dive trip saya beberapa lalu ke Pulau Weh Aceh ini merepresentasikan beberapa gaya wajib saat nyelem:

1. Surface -selfie


Oke ini belum bisa dibilang underwater, secara yang masuk air baru sebagian badan (hehehe) tapi tetep selfie sebelum/sesudah masuk ke dalam laut ini harus didokumentasikan. Gaya terserah, karena basically di atas sini masih aman untuk melakukan gaya sesuka hati, kecuali kalau ombak besar dan arus kencang ya. Surface selfie macam ini harus secepat dan sepraktis mungkin. Karena kebetulan kamera lagi saya pegang sendiri, jadilah selfie pamer gigi aja. Kalau kameranya pakai lensa wide, selfie rame-rame juga asik.
Tip: lihat situasi kanan kiri, jangan sampai kebawa arus atau malah ditinggalin rombongan karna keasikan selfie.

2. Happy Diver -selfie


OK atau Alright signal is mandatory for underwater selfie. As for me it means, I am a HAPPY diver! Pose ini adalah favorit saya dan mungkin banyak teman-teman penyelam juga. Ketika menemukan spot bagus untuk diabadikan, gerakan tangan OK ini seperti refleks karena sinyal tangan ini lumayan sering dipakai ketika menyelam. Buoyancy skill untuk mengambang tanpa naik turun di dalam laut ini adalah kunci dari scuba dive itu sendiri dan hampir semua underwater selfie termasuk pose ini. Jadi, kuasai itu dulu yang terpenting.
Tip: kalau kondisi memadai dan buoyancy sudah oke, coba lepas octopus (dive gear untuk mengalirkan udara dari tangki ke mulut kita) supaya senyum lebih kelihatan. Walaupun di percobaan pertama kedua pasti kelihatan masih panik dan senyum seperti lagi ngulum permen atau nahan pup, coba terus! Practice makes perfect.

3. Cruisin' -selfie


Ini gaya yang paling aman, nyaman dan netral karena merepresentasikan what scuba diving looks like. Situasi dimana kita tenang dan menyatu dengan kehidupan yang ada di sekitar. Posenya biasa selayaknya lagi menyelam yang benar pada umumnya, tangan melipat di perut, pandangan ke depan, dan kaki kicking seperti biasa. Selfie macam ini enak, karena fotonya bisa diambil dari bermacam-macam angle. Foto dive buddy saya ini saya ambil dari samping ketika dia lagi asik cruising bersama kumpulan ikan-ikan kecil di Rubiah Sea Garden. Gemes ya.
Tip: pose ini lebih asik kalau diambil dari jarak yang agak jauh, supaya objek di sekitar subjeknya bisa keliatan, entah itu terumbu karang yang super nice, wreck keren atau kawanan ikan-ikan lucu. Foto macem ini akan lebih asik kalau pakai lensa wide angle!

4. I Feel Free! -selfie


Bukan mengadaptasi gaya Syahrini yang guling-gulingan di bukit sesuatu itu terus guling-gulingan di terumbu karang ya. Bukan.
I feel free pose ini adalah dengan membentangkan tangan selebar-lebarnya. Bisa dibilang ini pose andalan banyak divers yang saking excitednya berada di dalam laut bertemu dunia baru yang cantik nan rupawan. Biasanya selfie ini dilakukan pas di hamparan terumbu karang yang cantik, pas di tengah kawanan ikan-ikan, pas ketemu Manta atau hiu, pas ketemu mantan… eh :p
Tips: selain pas nyelem dengan dive gears, pose ini juga seru ketika surface time tapi hasrat narsis masih ingin disalurkan. Suruh temen, yang masih ada di bawah laut untuk surface interval, fotoin kita yang sudah lepas dive gears. Duck dive di perairan dangkal dan voila.. I feel free!

5. Hovering selfie


Ada juga underwater selfie yang menggunakan skill seperti pose hovering ini. Butuh dive log (catatan riwayat penyelaman) yang lumayan untuk mendapatkan buoyancy yang baik untuk lancar melakukan posisi hover seperti ini. Hover adalah keadaan ketika kita berada di satu posisi tidak bergerak tanpa bantuan fins atau tangan kita, layaknya berada di zero gravity seperti di luar angkasa. Bisa dibilang skill ini one of the coolest in scuba dan untuk mencapainya kita butuh latihan! Bisa dilihat, saya pun belum sempurna untuk hover pose ini :p
Tips: latihan buoyancy dan hover di kolam renang dulu dengan dive master/buddy kepercayaan kita. Seru deh!

__________________
Sebenarnya ada banyak pose lain yang bisa dilakukan dalam laut. Creativity is the key! Tapi ingat, mau eksperimen gaya seperti apapun tetap utamakan keamanan dan kesadaran untuk tidak mengganggu keberadaan terumbu/hewan laut di sekitar. MENYENTUH, atau lebih parahnya lagi MENUNGGANGI, itu sama aja mempermalukan diri sendiri sebagai penyelam sejati.

A diver's contentment itu sesungguhnya cukup dengan melihat, menikmati, mengagumi, dan paling banter mengabadikan yang mereka lihat melalui lensa kamera untuk dinikmati di kemudian hari :)


Itu dulu rekomendasi gaya versi saya sebagai oleh-oleh dari dive trip ke Pulau Weh. Teman-teman yang punya pengalaman underwater selfie yang seru dan keren monggo di share ya!


Happy selfie, happy dive!


You may also like

4 komentar :

  1. Mau belajar selfie dari sini~ tapi harus belajar scuba dive dulu~ *belom punya lisensi kak* :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha hayuk Fahmi belajar!! nanti selpi bareng di dalem aer :D

      Hapus
  2. Wah Boleh nih do coba ntar :)

    BalasHapus
  3. aku masih takut-takut manja kepengen gitu ngedive kak.. tahap menuju selfie banyak berarti.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.